Manfaat dari sarang burung walet

Jual beli sarang walet - Sejarah kepopuleran sarang walet pertama kali datang dari masyarakat cina kuno. Kaisar cina terdahulu telah mengetahui cara memanfaatkan sarang burung walet. Sarang burung walet ini awalnya dimanfaatkan oleh para kaisar di Cina sebagai salah satu bahan makanan. Sarang ini paling populer dimasak dalam bentuk sup.
Konon, sup sarang burung walet akan membuat seseorang berumur panjang. Masyarakat Cina kuno mempercayai bahwa kaisar mereka adalah keturunan dewa dan bisa berumur hingga sepuluh ribu tahun. Meskipun begitu, nyatanya mereka tetap ingin memanfaatkan sarang walet untuk kesehatan sang kaisar.
Ketika sarang walet pertama kali ditemukan, mungkin tidak ada yang pernah berpikir bahwa benda itu akan bernilai ekonomis sangat tinggi. Sarang burung walet ini nyatanya diperkirakan memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan manusia. Ternyata, Burung walet membuat sarangnya dengan memanfaatkan air liurnya yang kental. Ketika terkena angin, air liur ini pun akhirnya mengering dan membentuk sarang. Konsep yang unik dari pembuat sarang oleh burung walet.
Terdapat dua jenis sarang burung bila dilihat dari warnanya. Ada sarang burung putih yang seluruhnya terbuat dari air liur burung walet, dan sarang burung hitam, yang terbuat dari campuran air liur dan bulu – bulu burung. Sarang burung walet yang berwarna putih lebih mahal harganya. Sarang burung yang putih bersih, harganya bisa mencapai 14 juta rupiah/kg, sedang yang hitam paling hanya sekitar 1 atau 2 juta/kg. Ada juga, sarang burung yang memiliki serat – serat merah di sarangnya seperti darah. Itu harganya jauh lebih mahal lagi, yaitu sekitar 17 juta/kg.
Sejak dulu lagi, khasiat sarang-sarang burung layang-layang atau walet didapati mempunyai dua nilai pemakanan tinggi yang sangat unik dan aktif iaitu faktor stimulasi mikrogenik. Kedua-dua faktor itu membantu merangsang sel dan penghasilan semula struktur sel badan, serta dikatakan menjadi punca utama penghasilan kulit yang muda, lembut, licin dan halus.
Selain membekalkan kecantikan pada kulit, sarang burung itu juga membuktikan ia sangat berkhasiat kerana mengandungi bahan yang boleh memberikan tenaga dan pemulihan dalaman, khasnya melancarkan sistem aliran darah dengan lebih lancar.
Penyelidikan saintifik moden mendapati ia mengandungi mineral kepekatan tinggi, protein aktif serta protein gelatin, sekali gus menjadikan ia produk kesihatan semula jadi yang tulen sekali gus bagus untuk semua peringkat usia.
Pengambilan sarang burung dalam jangka panjang adalah ketahanan terbaik terhadap penuaan, manakala unsur protein aktif dalam sarang burung turut merangsang pembesaran sel dalam sistem imunisasi, lantas menguatkan imuniti badan dalam melawan penyakit.
Manfaat sarang burung layang-layang ( Walet ):
 
Kajian perubatan Cina di Beijing mendapati sarang burung walet menjadikannya agen pemutihan kulit dan juga baik untuk kesihatan mata. Bagi penghidap asma, ia juga menjadi agen terbaik memulihkan sistem pernafasan dan memperkuatkan paru-paru. Hasil daripada eksperimen dan penelitian menunjukkan bahawa sarang burung bermanfaat sebagai:

 
Zat kolagen yang terkandung dalam setiap sarang burung walet dapat melancarkan pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki saluran pencernaan.
Sarang burung walet dapat mengurangkan kahak dan menyembuhkan batuk. Ini juga adalah nutrisi yang bagus untuk paru-paru dan menguatkan saluran pernafasan.
Pengambilan sarang burung walet ketika kehamilan dapat mengurangi rasa sakit pada punggung, memperkuat paru-paru bayi yang dikandung. Juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.
Untuk wanita, pemakanan secara teratur dapat meningkatkan daya metabolisme, memperbaiki kulit serta melambatkan proses penuaan.
 
Untuk orang tua, pemakanan secara teratur dapat menguatkan urat dan tulang serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
Untuk kanak-kanak, sarang burung berkenaan dapat membesarkan daya serap nutrisi yang ada pada setiap makanan dan memperkuatkan paru-paru.
Dipilih sebagai makanan yang amat baik kepada para perokok selain dapat mengurangkan kesan yang ditimbulkan daripada nikotin dan mencegah serangan barah.
Akan tetapi, belakangan terjadi sesuatu yang kurang menggembirakan bagi orang yang terjun di bisnis ini. Sarang burung walet ini mengalami penurunan harga yang cukup signifikan sehingga tidak se-booming dulu. Ternyata ini menjadi imbas setelah diadakan penelitian lanjutan mengenai manfaat sarang ini.
Hasil dari laboratorium di beberapa negara besar mengungkapkan bahwa sarang ini tidak sebombastis yang didengungkan selama ini. Vitamin di dalamnya hanyalah vitamin standar yang khasiatnya tidak lebih hebat dari kandungan di dalam ikan tongkol.
Bagi Anda yang biasa mengonsumsi sarang walet atau pelaku budidayanya, info ini tentu kurang menyenangkan. Akan tetapi, jika memang pasar masih memungkinkan dan memang suka menyantapnya, mengapa harus berhenti? Toh penelitian lanjutan masih terus dilakukan hingga saat ini. (Tubagus Banurusman)
Sumber : Pantonanews.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Manfaat dari sarang burung walet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://jual-belisarangwalet.blogspot.com/2013/04/manfaat-dari-sarang-burung-walet.html. Terima kasih!
walet, budidaya walet, budidaya burung walet, sarang walet, sarang burung walet, bisnis walet, bisnis budidaya walet, bisnis sarang burung walet
konsultan walet, konsultan burung walet, konsultan budidaya walet, konsultan budidaya sarang burung walet
cd walet, cd suara walet, suara walet, suara pemanggil walet, gedung walet, gedung walet paket hemat,
artikel walet, artikel budidaya walet, artikel sarang walet, kasus walet, kasus sarang walet, kasus budidaya sarang walet,
kasus budidaya walet, teknik budidaya walet, tehnik budidaya sarang burung walet, teknik walet,  panen walet,
panen sarang walet" title="walet, budidaya walet, budidaya burung walet, sarang walet, sarang burung walet, bisnis walet, bisnis budidaya walet, bisnis sarang burung walet
konsultan walet, konsultan burung walet, konsultan budidaya walet, konsultan budidaya sarang burung walet
cd walet, cd suara walet, suara walet, suara pemanggil walet, gedung walet, gedung walet paket hemat,
artikel walet, artikel budidaya walet, artikel sarang walet, kasus walet, kasus sarang walet, kasus budidaya sarang walet,
kasus budidaya walet, teknik budidaya walet, tehnik budidaya sarang burung walet, teknik walet,  panen walet,
panen sarang walet, jual beli sarang walet, beli sarang walet, jual sarang walet, instalasi sarang walet, sarang walet, sarang, walet, sarang walet kalimantan timur, bangunan rumah walet, jual beli sarang burung walet, jenis sarang walet, klasifikasi kualitas sarang burung walet
Ditulis oleh: Iyunk walet - Sabtu, 06 April 2013

Belum ada komentar untuk "Manfaat dari sarang burung walet"

Posting Komentar